Untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal kita harus mendapatkan kualitas sinyal yang bagus dan tentunya sinyal dari BTS yang tidak padat pengguna. Fungsi lock cell id ini adalah kita bisa mengunci sinyal dari BTS yang sudah kita tentukan yang tercepat di daerah kita.

Adapun persyaratan untuk melaukan lock cell id ini modem huawei e3372 harus sudah upgrade firmware ke firmware mod, Kenapa harus upgrade firmware? Karena kita harus mendapatkan kode Frekuensi dari cell id yang akan kita lock yang jika menggunakan firmware original bawaan modem kode frekuensi ini tidak muncul.

Lalu bagaimana kita mengetahui cell id tercepat di daerah kita? Jika modem belum di lock cell idnya tentu cell id yang di pakai akan berubah-ubah kita harus mengecek secara manual dengan melakukan speedtest dan cek secara berkala cell id yang sedang digunakan pada bagian menu Device Information WebUI modem.

Sebelum ke tutorial ada baiknya kita ketahui kelebihan dan kekurangan lock cell id ini.

Kelebihan karena kita mengunci cell id dari BTS yang tidak padat pengguna maka kita akan mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih maksimal.

Kekurangan ketika cell id yang sudah kita kunci tiba-tiba menghilang maka modem akan kehilangan sinyal dan tidak bisa digunakan untuk berinternet. Hal ini terjadi ketika kita melakukan lock cell id pada sinyal BTS yang jauh dari tempat tinggal kita, berbeda dengan kita tidak melakukan lock cell id jika cell id dari BTS tertentu menghilang maka otomatis akan diganti pada sinyal dari BTS yang lain.

Tutorial lock cell id huawei e3372

Pastikan anda sudah catat informasi tentang cell id yang akan anda lock. Band,PCI dan Frekuensi. Silahkan cek pada menu Device Information pada WebUI.


Lakukan Lock Band terlebih dahulu pada modem di bagian Network Settings sesuai dengan band dari cell id yang akan di lock. Untuk Prefered Mode pilih LTE only, dan centang hanya pada band yang akan di lock cell idnya. Seperti gambar berikut.


Karena pada WebUI modem e3372 masih belum tersedia fitur lock cell id maka kita akan menggunakan software tambahan.

Download : Software Lock Cell Id

Password : www.bocahku.com

Exstract file. Jalankan software CELL ID dengan klik kanan > Run Administrator. Jika software meminta password silahkan masukkan password yang sudah tertera pada file Password Readme.txt




Pada opsi ini kita tinggal pilih menu pertama untuk lock cell id. Tekan angka 1 dan enter, Berikutnya kita akan di minta informasi mengenai Band,PCI dan Frekuensi. Caranya sama kita cukup masukkan angka band dan tekan enter, dan selanjutnya PCI dan kode Frekuensi. Untuk kode frekuensi masukkan angka tanpa titik. Contoh jika kode frekuensinya 2340.0 maka kita perlu memasukkan angka 23400  perlu di ingat kita menggunakan kode frekuensi yang Down atau yang sebelah kiri. Lihat gambar untuk contoh.



Saat berhasil melakukan lock cell id modem akan otomatis reboot. Untuk melakukan unlock caranya sama seperti di atas kita hanya perlu memilih opsi nomor 2 . Unlocking.